Tips Agar Puting Tidak Sakit Saat Menyusui

Tips Agar Puting Tidak Sakit Saat Menyusui

Tips untuk ibu menyusui dari Guesehat hendaknya selalu diperhatikan agar bayi dapat berkembang dengan baik. Namun sakit dibagian puting kerap dikeluhkan ibu pada saat menyusui. Rasa sakit inilah yang membuat mereka menghentikan proses menyusui bayi walaupun belum sampai waktunya yaitu sampai bayi berumur dua tahun. Untuk itu berikut ada beberapa tips menyusuia agar puting susu tidak sakit, diantaranya:

  1. Posisi yang benar

Ada banyak posisi yang bisa anda gunakan ketika menyusui bayi. Hal ini bisa anda coba hingga mendapatkan posisi yang menurut anda lebih nyaman.  Namun untuk ibu yang masih belum berpengalaman, posisi cradle hold yang sangat disarankan untuk digunakan. Caranya dengan gendng bayi tepat didepan perut dan usahakan tubuh bayi menempel di perut anda. jika anda menyusui di bagian kana, kepala bayi bisa disanggah dengan menggunakan tangan kanan, begitupun sebaliknya.

  1. Menghisap areola bukan puting

Salah hal yang menyebabkan sakit di bagian puting, dikarenakan para ibu tidak mengetahui cara menyusui yang benar. Jadi, saat bayi menghisap, pastikan bayi menghisap areola atau yang bagian hitamnya bukan hanya putingnya saja. Jika hanya menghisap putingnya saja, akan membuat rasa sakit pada puting bahkan lecet.

Itulah beberapa tips menyusui agar putingnya tidak sakit. Dengan memahami cara menyusui yang baik anda pun merasa nyaman selama menyusui dan dapat menyelesaikan program menyusui bayinya dengan baik. Jangan lupa untuk memilih makanan sehat untuk ibu menyusui agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5989C7F8B819B